Selasa, 28 Januari 2020

Sebelum Menjual Mobil di Balai Lelang Mobil, Perhatikan Dulu 4 Hal Ini



Anda tertarik ingin menjual mobil di balai lelang mobil? Terdapat berbagai opsi jika ingin menjual mobil pribadi Anda, mulai dari menjual mobil secara langsung, menjual mobil lewat showroom, hingga menjual mobil di balai lelang mobil. Namun jika Anda tak ingin ribet dan ingin menjual mobil Anda dengan harga yang pantas, menjual mobil di balai lelang merupakan pilihan yang tepat. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini yang dapat mempengaruhi harga jual mobil Anda.

1.  Apakah Anda Rutin Melakukan Servis Mobil?

Hal kecil namun besar dampaknya bagi mobil Anda, yaitu melakukan servis berkala. Sudahkah Anda rutin melakukannya? Sebagian besar orang memang malas pergi ke bengkel untuk melakukan perawatan pada kendaraan mereka. Entah karena alasan tidak adanya waktu untuk ke bengkel, malas mengantri saat servis kendaraan di bengkel, hingga tak mau mengeluarkan uang lebih untuk perawatan kendaraan. Sehingga pada saat mobil sudah benar-benar “sekarat” dan terjadi kerusakan parah disana-sini, para pemilik baru menyadari betapa pentingnya melakukan servis berkala rutin. Padahal jika para pemilik rutin melakukan servis, nantinya saat mobil akan dijual dapat bermanfaat bagi naiknya harga jual mobil karena kondisinya yang masih bagus layaknya mobil baru. 

2.  Servis di Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

Bengkel langganan mobil Anda apakah di bengkel resmi ataukah bengkel umum? Terlepas dari anggapan banyak orang bahwa servis mobil di bengkel resmi akan jauh lebih mahal dari bengkel umum, selama Anda rutin melakukan servis mobil sebetulnya tak menjadi masalah. Karena sebenarnya tidak masalah apakah dulunya Anda melakukan servis mobil di bengkel resmi atau bengkel umum, hanya saja terdapat beberapa perbedaan jika Anda melakukan servis di bengkel resmi yaitu suku cadang yang digunakan tentu dapat dijamin keaslian serta kualitasnya. Lalu untuk catatan perawatan mobil dapat dilihat dengan jelas, bagaimana kondisi dan riwayat mobil sehingga nantinya para calon pembeli Anda dapat mengetahui kondisi mobil Anda dengan jelas.

3.  Apakah Mobil Anda Dipakai Banyak Orang?

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum menjual mobil di balai lelang mobil adalah apakah mobil yang Anda jual dipakai oleh banyak orang? Mungkin saja mobil Anda sering Anda sewakan atau sering dipakai oleh kerabat Anda, sehingga tidak hanya Anda saja yang menggunakan. Permasalahannya adalah, tidak semua orang peduli dan mau ikut merawat mobil Anda. Tentu setiap orang memiliki tingkat  kepekaan yang berbeda, oleh karena itu jika mobil Anda dipakai banyak orang, ada kemungkinan terjadi kerusakan yang Anda tidak tau sebelumnya. 

4.  Bagaimana Kebiasaan Anda Saat Berada di Mobil?

Hal selanjutnya adalah mengetahui bagaimana kebiasaan Anda saat berada di dalam mobil? Jam terbang yang padat membuat Anda sibuk pergi dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan mobil Anda. Tentu saja segala aktivitas Anda lakukan di dalam kabin mobil Anda untuk mempersingkat waktu, seperti makan, minum, merokok, serta kebiasaan-kebiasaan lain yang dapat membuat kabin mobil mengeluarkan bau tak sedap serta membuat banyaknya kotoran menempel pada karpet maupun jok mobil. Jika hal ini terlanjur terjadi, Anda dapat melakukan pembersihan menyeluruh termasuk bagian kabin mobil. Sehingga nantinya saat dijual di balai lelang mobil, mobil Anda kembali terlihat bersih dan wangi.

Demikianlah 4 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menjual mobil di balai lelang mobil. Sebelum dijual, lakukan perawatan dan pembersihan mobil sehingga nanti harga jual mobil Anda akan tinggi. Jika Anda sedang mencari informasi mengenai lelang mobil bekas, silahkan kunjungi link ini : https://www.ibid.astra.co.id/cari-lelang


EmoticonEmoticon